BERJUANG TANPA LELAH---CIPTAKAN RUANG PASAR TANPA PESAING DAN BIARKAN KOMPETISI TAK LAGI RELEVAN (KIM & MAUBORGNE)"

Senin, 20 Februari 2012

Penjara Yang Telah Hilang di Indonesia (The Lost Prison in Indonesia)

I. PENJARA GLODOK (Glodok Prison)

Tidak banyak cerita yang didapatkan dari penjara satu ini. Berikut beberapa data dan gambar yang berhasil penulis kumpulkan :
  1. Pada era menjelang masuknya pendudukan Jepang ke Indonesia Penjara Glodok digunakan untuk menampung pelaku pidana Psychopalen
  2. Kemudian pada bulan Juli 1926 menjadi tempat penampungan bagi tahanan politik. 
  3. Pada tanggal 12 November 1926 terjadi penyerbuan terhadap rumah penjara Glodok sehingga mendorong didirikannya menara penjagaan untuk mengantisipasi terjadinya penyerangan. Inilah sejarah didirikannya menara penjagaan.

Sketch Penjara Glodok dari website theindoproject.org 
Sketch Halaman Penjara Glodok

Suasana Ruang Bengkel Kerja Penjara Glodok ; Sumber Wikipedia.org



II. PENJARA BUKIT DURI (Bukit Duri Prison)


Penjara Bukit Duri terletak di daerah Kampung Melayu. Berawal pada tahun 1672 dari tanah seluas lima kilometer persegi antara Cipinang dan Ciliwung milik Meester Comelis Senen, seorang kaya dari selamon di P. Lontar, Kepulauan Banda. Untuk melindungi para penebang hutan dan tukang kebun terhadap gerilya Mataram dan Banten, rumah-rumah mereka dikelilingi sebuah pagar (1656).
Kegiatan Menari Tahanan di Bukit Duri, Sumber : metrotvnews.com 
Pada tahun 1689 pagar sederhana diperkuat dengan pagar bambu berduri dan empat belas tentara yang sebagian besar sakit-sakitan, ditempatkan dalam kubu yang terletak di kawasan sehat itu. Pagar berduri inilah yang menurunkan nama pada Kampung Bukit Duri.
Sumber : http://pustakagerwani.blogspot.co.id
Diperuntukkan untuk tahanan wanita dan anak-anak, Bangunan penjara berdinding beton bekas peninggalan kolonial Belanda tapi sejak terjadi G30S dipakai selain sebagai tempat penjara perempuan narapidana kriminal juga untuk tempat tahanan politik - perempuan disebut Narapidana G30S.
Para Tahanan Bukit Duri, Sumber : metrotvnews.com
Sekarang di daerah yang sama dijadikan nama kompleks pertokoan yang dibangun di atas tempat bekas Penjara Wanita Bukit Duri dan juga nama perumahan (Perumahan Bukit Duri Permai) yang dibangun di tempat bekas pabrik senapan yang didirikan oleh Herzog K.B. von Sachsen-Weimar-Eisenach.

=========================================

Tidak ada komentar: