BERJUANG TANPA LELAH---CIPTAKAN RUANG PASAR TANPA PESAING DAN BIARKAN KOMPETISI TAK LAGI RELEVAN (KIM & MAUBORGNE)"

Rabu, 11 Januari 2012

Film-Film tentang Penjara (Part I)

The Great Escape (1963)

Film ini Berdasarkan kisah nyata, dimana sekelompok seniman tahanan melarikan diri dari kamp sekutu perang. Pemimpin mereka memutuskan untuk mencoba untuk membawa beberapa ratus tahanan sekaligus. Paruh pertama film ini diputar untuk komedi dimana para tahanan berusaha mengecoh sebagian besar sipir penjara sehingga tahanan bisa menggali terowongan untuk melarikan diri. Bagian kedua adalah petualangan tinggi karena mereka menggunakan perahu dan kereta api dan pesawat untuk keluar dari Eropa yang diduduki.


Escape from Alcatraz (1979)

Escape from Alcatraz adalah film Amerika bergender thriller tahun 1979, yang disutradarai Don Siegel dan dibintangi oleh Clint Eastwood. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata di Pulau Alcatraz, San Francisco, Amerika Serikat. Sekelompok tahanan berani mencoba untuk melarikan diri dari pulau penjara terkenal Alcatraz, yang dimana tidak ada seorang pun berhasil melarikan diri sebelumnya.

The Shawshank Redemption (1994)

Film ini menceritakan tentang seorang banker bernama Andrew “Andy” Dufresne yang dituduh membunuh istri dan selingkuhannya, dia dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan kemudian dia pun di penjara di Shawshank. Di dalam penjara dia bersahabat dengan Ellis Boyd "Red" Redding, si Ellis ini di dalam penjara berprofesi sebagai pemasok barang-barang yang diinginkan oleh para napi lain yang memesannya. Suatu hari Andy memesan sebuah barang kepada Red yaitu sebuah palu pemecah batu berukuran kecil, palu ini akan dia gunakan untuk menjalankan hobi mengumpulkan dan mengukir batu. Andy ini adalah seorang yang pintar, kepintarannya kemudian dimanfaatkan oleh para sipir dan Warden Samuel Norton, sang pimpinan di penjara tersebut. Warden memanfaatkan Andy untuk menjalankan operasi pencucian uang dia, dan sebagai balasannya Andy mendapatkan penjagaan.


The Way Back (2010)

The Way Back sendiri diangkat dari The Long Walk, sebuah buku kontroversial karya mantan tahanan perang asal Polandia, Slawomir Rawicz. Buku yang berkisah mengenai perjuangan Rawicz dan beberapa tahanan perang lainnya dalam usaha mereka untuk kabur dari tahanan militer Uni Sovyet di Siberia menuju India dengan cara berjalan kaki tersebut menjadi perbincangan banyak kalangan ketika masa rilisnya di tahun 1956 setelah beberapa bukti menunjukkan bahwa kisah tersebut hanyalah sebuah fiksi belaka atau sebuah cerita yang sama sekali tidak dialami oleh Rawicz. Benar atau tidak, keputusan Weir untuk mengangkat cerita tersebut menjadi sebuah film tentu saja didasarkan pada tema cerita film ini yang mengandung tema mengenai usaha manusia untuk terus kukuh dalam menghadapi tantangan hidup mereka.


The Next Three Days (2010)

Siapa pun pasti ingin membela dan menyelamatkan orang yang dicintainya. Apalagi jika orang yang kita cintai itu dituduh melakukan sesuatu yang tidak dilakukannya. Sebuah keluarga yang bahagia tiba-tiba harus menghadapi ketegangan akibat tuduhan yang dilayangkan pada sang istri. John Brennan (Russel Crowe) berusaha menyelamatkan istrinya, Lara Brennan (Elizabeth Banks) yang dituduh melakukan pembunuhan. Berbagai cara telah dilakukan untuk membuktikan bahwa istrinya tidak bersalah. Saat menemui jalan buntu, akhirnya John memilih melarikan istrinya. Hasil dari tindakannya membuat mereka berdua menjadi buronan. Ketegangan demi ketegangan mereka lewati dan membuka mata mereka akan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ada serial FTV'a...menghitung hari..
yg main sandy nayoan...syutingnya di lapas klas IIA pemuda tangerang...